Rabu, 15 Oktober 2014

Memanfaatkan Kantong Plastik Bekas Sebagai Bunga Artifisial

Tema pengajian hari Selasa, 14 Oktober 2014: Memanfaatkan Kantong Plastik Bekas Sebagai Bunga Artifisial.
Tutor:  Hj. Dessy dan Ibu Lina Hendra.

Alam raya ini adalah ciptaan Tuhan yang berhak juga dicintai. Salah satunya dengan mengurangi sampah. Bayangkan, Sampah plastik ini baru bisa terurai di dalam tanah 10-20 tahun! Memanfaatkan kantong plastik bekas sebagai bunga artifisial adalah salah satu langkah untuk mengurangi sampah, mencintai bumi, dan bisa bernilai ekonomi.


(Hj Desy sedang menerangkan proses pembuatan bunga dari kantong plastik bekas, di samping beliau bunga dari kantong plastik yang sudah jadi)
Peralatan yang dibutuhkan:
  1. Kantong plastik bekas (yang bersih)
  2. Lidi
  3. Kertas krep
  4. Gunting
  5. Benang
  6. Kapas
  7. Lem. 

 (ini kantong plastik yang sudadh diisi kapas)




Tahapan membuat bunganya:
  1. Kantong plastik dipotong kotak–kotak, kira-kira ukuran 6 x 6 cm.
  2. Kantong plastik yang sudah dipotong kotak, diisi dengan kapas. Boleh juga dengan limbah plastiknya. Kalau bisa yang warnanya senada. Lalu dibulatkan dan diikat dengan benang. Bulatan yang sudah dibuat kita sebut bunga.
  3. Ambil lidi. Pasang satu bunga di ujung lidi. Tutup bagian yang berjuntai dengan kertas krep, perkuat dengan lem. Terus putar melingkar lidi ke bawah. Sesekali perkuat lagi dengan lem. Pasang lagi bunganya, tutup juntainya dengan kertas krep. Begitu seterusnya.
  4.  Setelah tangkai demi tangkai bunga terkumpul, pasang di vas bunga yang sudah diisi pasir. Boleh juga diisi beras. Kalau mau pakai daun, di toko kerajinan bisa didapatkan daun imitasi. 
Acara diakhiri dengan pembacaan Alqur'an Surat Al Fatihah dan Yaasin.

Semoga bermanfaat.

(Peserta berfoto usai acara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar